INDUSTRI ASAM LAKTAT DENGAN APLIKASI PRODUK YAKULT


A. LATAR BELAKANG
Penyimpangan pada makanan dan minuman yang khususnya pada produk makanan instan akhir-akhir memang sudah tidak layak dikonsumsi. Para penjual biasanya mengganti bahan baku makanan yang agak mahal pada produk makanan tersebut dengan bahan-bahan kimia yang akan membuat makanan lebih murah, lebih lezat disantap, dan dapat merusak nilai gizi dari produk makan itu serta yang paling penting dapat menimbulkan berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bahan kimia tersebut dikemudian hari bila mengkonsumsi berkali-kali.
Mengetahui itu semua memang susah mengkonsumsi makanan instan saat ini yang sehat bagi tubuh dan tidak berdampak besar bagi tubuh kita dikemudian hari tetapi, tidak semua produk makanan yang dapat berhasil dicampur dengan bahan kimia contohnya, seperti halnay tempe yang difermentasi dengan jamur Rhizopus oligosporus, jamur difermentasikan dengan Rhizopus oryzae, dan keju difermentasikan dengan bakteri Streptococus sp. Oleh karena itu penjual tidak akan mencampurkan bahan-bahan kimia pada tempe atau produk makanan dan miuman fermentasi lainnya karena bahan kimia tersebut akan membunuh mikrobiologi yang berperan sangat besar dalam pembuatan tempe. Begitupun juga dengan Yakult minuman yang dibuat dengan bantuan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup yang disebut sebagai bakteri probiotik karena manfaatnya yang sangat besar bagi tubuh.
Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain. Lactobacilllus casei Shirota strain adalah galur unggul yang mudah dan cocok untuk dikembangbiakkan dalam minuman dasar susu.
Susu fermentasi jenis ini berasal dari Jepang dan ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota sejak tahun 1930. Yakult memiliki citarasa sedikit asam, agak manis, tidak menggumpal, berwarna cerah serta homogen. Oleh karena itu, konsumen cenderung menyukai Yakult dibandingkan dengan yoghurt dan kefir bukan hanya cita rasa yang dapat menguncang lidah konsumen yang meminum susu fermentasi bakteri Lactobacillus casei Shirota strain ini tetapi, Yakult memliki banyak kandungan nilai gizi tinggi yaitu diantaranya megandung protein, lemak, vitamin, mineral, karbohidrat, air, dan nilai kalori yang dapat menjadikan tubuh agar tetap sehat dan menjaga tubuh dari penyerangan penyakit berbahaya lainnya.

B. BAHAN BAKU
Produksi asam laktat mayoritas menggunakan gula yang di fermentasi oleh lactic acid bacteria seperti Lactobacillus, yang memiliki high acid tolerance dan bisa direkayasa genetika untuk menghasilkan D-(-) atau L-(+) optical isomers dari asam ini secara selektif. Namun bakteri jenis ini memerlukan medium kompleks yang bisa membuat proses pemurnian (downstream processing) sulit dan mahal. Ditambah, bakteri ini juga tidak mampu mengfermentasi gula pentosa dengan efektif. Solusinya adalah penggunaan bakteri lain jenis Escherichia coli yang telah direkayasa genetika guna produksi asam laktat secara optimum.
Beberapa penelitian telah dilakukan dengan menggunakan E. coli. Produksioptically pure D-lactic acid dimineral media bisa dilakukan hingga mencapai produktivitas 10.8 mM/hour dengan bahan baku glucose 50 g/l. Selain itu, L-lactic acid diproduksi dengan mengganti gen ldhA E. coli dengan ldhL dari Pediococcus acidilactici yang mampu menghasilkan optically pure L-lactic acid dengan laju 7.18 mM/hour. Sucrose dan mollases juga bisa dipakai dan menghasilkan D-lactic acid dengan yield sampai 97%. Di samping itu, aplikasi growth-based selection technique sukses menghasilkan jenis E. coli yang memproduksi 28.6 mM/hour froD-lactic aciddari 100 g/l sucrose dalam LB medium. Perlu juga diketahui jika genetically modified yeast S. cerevisiae yang membawa enam copy gen bovine L-LDH bisa memproduksi > 1 M L-lactic acid dengan kemurnian 99.9 % optical purity.
Sedangkan bahan baku yakult adalah bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup. Susu bubuk skim, Skimmed milk atau susu skim. Disebut juga susu padat atau bebas lemak. Susu skim merupakan produk samping dari pemisahan butterfat (lemak mentega) dari susu utuh atau susu full cream, sehingga bebas lemak. Dalam bentuk bubuk, susu ini membuang kadar airnya sekitar 91%. Sukrosa dan glukosa, Sukrosa atau glikosa adalah bentuk dari karbohidrat, jenis gula yang paling sering digunakan adalah kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk merubah rasa dan keadaan makanan atau minuman .Glukosa (C6H12O6), suatu gula monosakarida, adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga. Perisa. Air (H2O) adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi.Tubuh agar berfungsi dengan baik memerlukan 1 -7 literi air setiap hari. Air merupakan pelarut universal karena dapat melarutkan hamper banyak zat.
C. ALAT PROSES
1. Tangki pelarutan
Bahan-bahan utama yaitu susu bubuk skim dan glukosa dicampur dengan air dan ditampung dalam tangki pelarutan.
2. Tangki pembibitan
Dalam tangki ini bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain disiapkan dan dikembangbiakkan.

3. Tangki fermentasi
Selanjutnya bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain dicampu dengan campuran bahan-bahan di no. 1 diatas dan dimasukkan kedalam tangki fermentasi.

Tangki fermentasi
4. Proses homogenizer
Tahap berikutnya dilakukan proses Homogenizer dan diawasi secara ketat.

Proses quality kontrol yang ketat

5. Tangki pencampur
Hasil proses homogenizer tersebut dicampur dengan sirup dari tangki sirup dan disimpan dalam tangki pencampur.

6. Tangki penampung
Kemudian hasil dari proses no. 4 tersebut dicampur dengan air yang sudah di sterilisasi dan ditampung didalam tangki penampung.

7. Mesin pembuat botol
Untuk menjaga higienitas dari Yakult, maka proses pembuatan botol dilakukan sendiri oleh Yakult Indonesia.

Mesin pembuat botol Yakult

8. Mesin pengisian
Selanjutnya minuman Yakult sudah siap diisi ke dalam botol. Di botol tersebut juga dicetak semua informasi yang ada seperti kandungan nutrisi, tanggal kadaluwarsa, dll.

Proses pengisian Yakult ke dalam botol

9. Mesin pengepakan
Botol-botol yang sudah terisi untuk selanjutnya dikemas dalam kemasan dimana 1 kemasan ( packing ) terdiri dari 5 botol Yakult.

10. Ruang pendingin
Kemasan yang berisi botol Yakult disimpan dalam ruang pendingin untuk menjamin kualitas dari minuman kesehatan Yakult.

11. Distribusi
Dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales ) untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari.

Keterangan:
1. Tangki pelarutan
2. Tangki pembibitan
3. Tangki fermentasi
4. Proses homogenizer
5. Tangki pencampur
6. Tangki penampung
7. Mesin pembuat botol
8. Mesin pengisian
9. Mesin pengepakan
10. Ruang pendingin
11. Distribusi

E. LANGKAH PROSES
Produksi Yakult (langkah-demi langkah) :
“Tujuan Yakult itu dibangun” pabrik di Dandenong adalah fasilitas manufaktur berteknologi maju.Ia menggabungkan beberapa peralatan pengolahan makanan terbaru. standar yang ketat berlaku untuk memproduksi Yakult, memastikan hasil minuman yang dekat dengan 99% (ini berarti bahwa 99% dari bahan baku berakhir di botol) Tidak ada oleh-produk dan limbah kecil..The Yakult pabrik di Australia, berpusat di Victoria dan membuat Yakult bagi seluruh dari Australia.

1. Bahan Baku pencampuran
Susu bubuk skim, gula dan dekstrosa dicampur dengan disaring, air steril untuk membuat larutan susu manis.

2. Sterilisasi
Solusi, manis susu yang disterilkan pada suhu tinggi untuk waktu yang singkat, menghancurkan setiap bakteri yang mungkin ada. Proses ini disebut UHTST (Ultra Heat Treatment, Short Time). Solusi tersebut kemudian ditransfer ke tangki fermentasi 6.000 liter melalui sistem tertutup pipa dan katup.
UHTST (Perlakuan Panas Ultra, Waktu Pendek)
Suhu Danijel pemrosesan Ultra-Tinggi (sering Less)-perlakuan Panas ultra (disingkat keduanya UHT) adalah sterilisasi parsial USING makanandengan memberikan pemanasan untuk Artikel Yang waktu singkat, sekitar 1-2 Detik, Suhu PADA melebihi 135 oC (275 oF), Yang Suhu merupakan Yang diperlukan untuk Artikel membunuh spora dalam susu. UHT Produk Yang Umum adalah susu memucat, namun transovarial Suami juga digunakan untuk Artikel jus buah, Krim, yogurt, anggur, sup, rebusan Artikel Baru. susu UHT diciptakan PADA 1960-an dan Jaksa menjadi konsumsi umumnya tersedia untuk Artikel Di Tahun 1970-an.
Panas Tinggi selama transovarial UHT dapat menyebabkan Maillard browning (ANTARA Kimia reaksi asam amino Dan Gula pereduksi, biasanya membutuhkan Panas) dan perubahan rasa susu Dan bau Produk.

3. Fermentasi Tank
Lactobacillus casei Shirota strain Live, berbudaya dan diuji di laboratorium kami, akan ditambahkan ke tangki. Suhu tangki kemudian dikurangi sampai isinya pada 37 oC (suhu tubuh). Solusinya adalah diperbolehkan untuk fermentasi dalam tangki selama 6-9 hari atau sampai jumlah bakteri Lactobacillus casei mencapai konsentrasi ideal mereka.

4. Papan pengawas
Mesin ini sepenuhnya terkomputerisasi dan mengontrol aliran produksi. lampu warna-warni yang berbeda menunjukkan setiap wilayah yang membutuhkan perhatian.

5. Peralatan Tank
Rasa jeruk ditambahkan ke konsentrat.

6. Tangki penyimpangan
The rasa, konsentrat dipindahkan ke tangki penyimpanan 12.000 liter, berisi solusi sirup dingin.Tangki dingin untuk sekitar 2 oC.

7. Air Steriliser
Yakult air yang menggunakan de-mineralisasi (apapun terlarut klorida dan fluorida yang dihapus) oleh sebuah proses yang disebut “osmosis balik”. air tersebut kemudian UV steril, setelah itu disimpan dalam tangki 25.000 liter memegang sebelum digunakan dalam proses produksi.

8. Mixing Tank
Sebelum pembotolan, mengkonsentrasikan diencerkan dengan disaring, air steril dengan perbandingan 1:1.

9. Injection Blow Moulding Machine
Botol plastik yang diproduksi, di lokasi, dari polistiren makanan tiga kelas.
The blow-molding injeksi mesin memiliki kapasitas untuk memproduksi 10.000 botol per jam.

10. Botol Storage Tank
Extra botol dibuat dan disimpan dalam tangki, penyimpanan steril botol besar yang mampu menyimpan 780.000 botol, cukup untuk satu minggu produksi dan pembotolan Yakult.

11. Selector
Botol drop down saluran besar dari tangki penyimpanan ke dalam sebuah botol besar pemilih melingkar yang menempatkan botol pada posisi tegak sebelum dimasukkan ke garis mengisi.

12. Printing Station
Botol bergerak sepanjang ban berjalan ke stasiun cetak di mana nama “Yakult” dan informasi pelabelan tepat yang diperlukan oleh hukum, yang tercetak di dalam botol-instan pengeringan, tinta merah.

13. Filling, Capping Mesin & Sealing
Mesin mengisi memiliki kapasitas untuk mengisi 36.000 botol Yakult per jam.
Setelah botol diisi dengan Yakult, mereka ditutup dengan penutup foil, dicetak dengan menggunakan-menurut tanggal, disegel dan ditransfer sepanjang ban berjalan ke fasilitas kemasan.

14. Kecilkan-Bungkus & Mesin Pembungkus
Di sinilah satu botol Yakult diurutkan dalam kelompok-kelompok lima dan dibungkus plastik dalam film polietilen. 10 x lima paket dikelompokkan bersama dan dibungkus lagi dalam film polietilen dan kemudian panas menyusut, membentuk sebuah “slab” 50 botol Yakult.

15. Selesai Produk

16. Pendinginan Kamar
Lembaran dipindahkan ke palet, dibungkus dan disimpan pada suhu 2-3 oC sementara menunggu pengiriman ke toko.

17. Distribusi
truk pendingin memberikan Yakult ke gudang dari jaringan supermarket besar (misalnya Safeway / Woolworths dan Coles) untuk dibagikan kepada individu supermarkets.Yakult dikirim langsung ke supermarket independen, bar susu, gyms, toko makanan kesehatan, Motels, rumah sakit dan outlet lain dengan kami konsultan penjualan. Di beberapa daerah Yakult tersedia melalui layanan pengiriman kami pulang.

18. Kebersihan
Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang berisi kultur bakteri hidup. Dalam rangka mempertahankan kualitas tinggi Yakult, kebersihan standar yang ketat harus dipenuhi dalam produksi.

19. Yakult Jaminan Kualitas
Yakult memelihara program jaminan mutu yang komprehensif untuk memastikan bahwa produk kami adalah kualitas tertinggi. Untuk alasan ini, contoh dikumpulkan untuk analisis laboratorium di seluruh proses produksi untuk memastikan bahwa tindakan jaminan mutu di tempat telah efektif.
pengujian kami melibatkan lebih dari 150 sampel per menjalankan produksi, di mana total lebih dari 200 tes dilakukan. Ini menentukan caseinumbers Lactobacillus, memeriksa kontaminan potensial, kualitas mikrobiologi, komposisi, keasaman, atribut fisik dan rasa. Selain itu, setiap botol diperiksa untuk tanda-tanda yang tidak diinginkan dan pencetakan yang tidak benar.
tindakan jaminan mutu berada di tempat untuk menjaga standar untuk personil dan hygience pabrik, membersihkan peralatan, metode dan parameter pengolahan, dan penanganan produk.penjaminan mutu Yakult’s utlises sistem yang disebut “Hazard Analysis and Critical Control Points” (HACCP). Prinsip-prinsip HACCP secara internasional diakui sebagai metode yang sangat baik untuk memastikan standar ketat yang tinggi.

20. Manajemen Limbah
Membersihkan – Yakult berpegang pada suatu program kesehatan komprehensif dan sanitasi, mengikuti program pembersihan yang dominan diatur oleh CIP (cleaning di Tempat). Uap, pembersih ramah lingkungan, digunakan untuk mensterilkan pipa-pipa dan tangki. Sebuah bersih satu fasa kimia digunakan, mengurangi jumlah bahan kimia diperkenalkan ke dalam saluran air, bahan kimia berbasis klorin tidak digunakan.
limbah padat – Jumlah limbah padat relatif kecil dan sejumlah langkah yang dilakukan untuk mengurangi limbah. Daur ulang terjadi di mana secara ekonomi dan lingkungan yang layak.produk Kertas (susu bubuk skim tas, dsb) didaur ulang. Botol dilumatkan dan dicampur dengan resin lain yang akan dibuat menjadi berbagai produk plastik, misalnya kursi dan meja.
Limbah cair – Setiap limbah cair masuk ke dalam sebuah tangki penampungan di fasilitas pengolahan air. Keasaman (pH) air disesuaikan dengan asam atau alkalin untuk memenuhi standar Melbourne Air sebelum dilepaskan ke sistem pembuangan limbah.

21. Manajemen Energi
Yakult memiliki komitmen untuk menggunakan energi secara efisien dan bijaksana untuk alasan lingkungan dan ekonomi yang sehat. pabrik tersebut mencakup peralatan terbaru dan teknik untuk mengurangi jumlah energi yang digunakan.
Sebagai contoh:

o Semua cairan dipanaskan dengan menggunakan piring pertukaran panas.
o Semua mesin terawat dengan baik untuk berfungsi secara optimal, memastikan energi itu tidak hilang atau sia-sia.
o Tidak CFC yang digunakan dalam pendinginan atau pendinginan.
o Off tingkat puncak digunakan untuk utilitas bila memungkinkan. Sebagai contoh, bank penyimpanan air es terus di air semua pada 0 oC menggunakan kompresor yang berjalan di malam hari, selama off harga puncak.
o boiler kami menggunakan gas alam dan dijalankan untuk jangka pendek yang diperlukan (karena tidak ada polusi dipancarkan).
F. DAFTAR PUSTAKA

http://cilduk.ngeblogs.com/my-old-articles/

http://www.yakult.co.au/.html

http://id.wikipedia.org/wiki/asam/laktat

About these ads

2 thoughts on “INDUSTRI ASAM LAKTAT DENGAN APLIKASI PRODUK YAKULT

  1. andre sinaga mengatakan:

    Dear pak Bagas,
    Kami sedang melaksanakan riset di pusat penelitian kelapa sawit, medan.
    kami membutuhkan Lactobacillus hidup, mungkin Bpk bisa membantu kami
    dimana kami bisa membelinya.
    salam
    Andre
    081370878200

  2. bagasvanirawan mengatakan:

    salam kenal juga, trims

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s